Halaman

Sabtu, 27 Oktober 2012

Reboot, oh reboot.

Reboot... reboot, dan reboot. Itulah yang sedang ngetrend di Amerika sekarang. Memulai ulang dari awal lagi/merusak sesuatu yang sudah dibuat bagus, atau memulai ulang dari awal lagi/memperbagus sesuatu yang dari awalnya memang jelek. Segala jenis seni (kecuali musik dan seni lukis tentu saja) mengalami hal ini. Seperti film, drama dan tak luput juga komik/graphic novel.

Reboot itu sendiri seperti layaknya remake, namun dengan perubahan disana-sini. Namun beberapa reboot ada yang bagus, ada yang berdampak buruk. Contoh reboot bagus itu seperti seri Batman nya Christopher Nolan atau The Incredible Hulk. Adapun contoh reboot jelek itu seperti Clash Of The Titans (2010). Bahkan, sekarang industri komik besar (yang sudah jelas), yaitu Marvel dan DC sedang gencar-gencarnya melakukan reboot pada beberapa komik-komik mereka.

Untuk reboot komik.... Marvel sibuk dengan Marvel NOW! nya. DC sibuk dengan New 52. Marvel NOW! hanya me reboot beberapa elemen kejadian dalam karakter nya. Sedangkan New 52 menceritakan kembali hampir semua superhero nya dari awal lagi. Dalam situasi reboot ini, dengan sedikit berat hati saya menyatakan bahwa, DC menang, namun ada beberapa hasil reboot ini yang bisa dibilang 'WTF banget' karena... ya.. mengguncang, seperti Superman pacaran dengan Wonder Woman, dimana biasanya Superman dengan Lois Lane dan Wonder Woman selalu berusaha memikat Batman.

Untuk film... yah, dimasa sekarang ini siapa yang tidak kenal arti reboot? Bahkan jika tidak ada Batman Begins, siapa yang akan kenal reboot? Tahun depan bakal ada reboot juga kan, Man Of Steel, reboot Superman. Tahun ini ada The Amazing Spider-Man. Reboot ini... bisa dibilang sudah menjadi trend, dan akan terus berlanjut untuk beberapa tahun kedepan. Bahkan Batman pun akan di reboot lagi via Justice League (2015).

Reboot itu sebaiknya tidak melupakan elemen asli dari cerita aslinya, jika dilupakan, semuanya akan menjadi kacau. Namun jika diinkorporasikan elemen-elemen cerita aslinya, maka elemen-elemen yang ada itu bisa dikembangkan menjadi sebuah cerita yang fresh namun tetap setia dengan yang aslinya. Saya pun ingin melihat beberapa film-film klasik di reboot menjadi sesuatu yang fresh. Inilah film-film klasik yang menurut saya cocok di reboot namun dengan plot yang sesuai dengan masa kini namun tidak terlalu jauh dari kisah aslinya:

1. Back To The Future
2. Blade Runner
3. Mad Max
4. Lethal Weapon
5.The Invisible Man
6. Star Wars (kalau bisa hanya yang 4,5,6 saja, karena yang 1,2,3 masih bagus dan fresh.)
7. Psycho (tapi jangan seperti Psycho versi Gus Van Sant)
8. Terminator
9. Twelve Monkeys
10.Tango and Cash
11.Rambo

Sekian saja, I hope y'all having a good time out there, or in there, see ya for the next posts!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar