Halaman

Sabtu, 02 Maret 2013

10 Sekuel/Reboot/Remake Yang Dijamin Bakalan Gagal Karena Kurang Greget/Terlalu Jauh Beda Dari Aslinya

Hi.. Setelah entah berapa bulan ditinggalkan... atau mungkin beberapa minggu... I'm back! Yess... with a new article... Kali ini, seperti apa yang tertulis di judul yang luar biasa melelahkan untuk dibaca dan akan memakan banyak baris saat dipublikasikan, saya akan benar-benar membahas 10 Sekuel/Reboot/Remake Yang Dijamin Bakalan Gagal Karena Kurang Greget/Terlalu Jauh Beda Dari Aslinya.




Ini dia:

10. The Crow
Film yang menceritakan tentang Eric Draven dan usaha balas dendamnya setelah dibangkitkan dari kubur oleh seekor burung gagak ini pertama kali digarap ke layar lebar oleh Alex Proyas (I Am Number Four, kalau tidak salah) dan dengan Brandon Lee, anak dari legenda martial arts Bruce Lee sebagai Eric Draven.

Film ini terkenal dengan interpretasi super-kelam dan gothic nya serta sebuah pengambilan adegan yang menyebabkan meninggalnya Brandon Lee. Sebenarnya film aslinya tidak memiliki masalah apa-apa. Malah film yang asli sendiri bisa dibilang merupakan masterpiece yang tidak bisa tergantikan. Selain itu, siapa lagi yang cocok memainkan Eric Draven? Mark Dacascos? Pfftt!! Itupun untuk seri TV Kanada, dan dia tidak memiliki 'layer' yang sama dengan interpretasi Eric oleh Brandon Lee.

 Serta siapa lagi sekarang yang bisa menandingi storytelling dan narasi yang dimunculkan dalam film itu? Tidak banyak, dan malah akan bermasalah jika pihak studio memilih orang yang salah. Jadi bisa dibilang film ini tidak atau lebih tepatnya belum layak di reboot/remake.


9. Child's Play

Lagi, sebuah film horror klasik yang mungkin tidak akan lagi dibuat sekuelnya karena sudah berakhir, dan rasanya juga tidak mungkin bila franchise film ini dihidupkan kembali, karena... ya... di zaman modern seperti sekarang ini, anak mana yang mau main mainan seperti itu? Film ini bercerita tentang Chucky, boneka yang tubuhnya diisi oleh jiwa seorang psikopat yang berusaha memakan banyak korban.

Selain alasan diatas, alasan lain mengapa film ini akan gagal total bila di reboot/remake adalah keganjilan dari cerita yang diberikan bila diletakkan di dunia sebagaimana yang kita kenal sekarang ini. Ini dunia post 9/11 bung! Untuk apa membuat ulang film yang bila dipikir-pikir, sekarang tidak akan keren dan memberikan kesan seram lagi?! Orang bodoh mana yang akan melakukannya? Platinum Dunes? Next...

8. Daredevil

Film yang pernah muncul tahun 2003 dan dibintangi oleh Ben Affleck ini merupakan adaptasi dari komik Marvel yang berjudul sama. Karakter yang memulai debutnya pada tahun 1970-an ini memiliki alter ego Matt Murdock, seorang pengacara yang buta dikarenakan matanya yang terkena siraman cairan radioaktif, yang membuatnya memiliki semacam radar sonar dan dibekali dengan kemampuan akrobatik serta kemampuan bertarung yang mumpuni.

Kabarnya, Joe Carnahan (The A-Team) akan membuat ulang film ini dengan setting tahun 70-an sebagaimana yang telah ada di komiknya dan akan diberi rating R. Ide ini kedengarannya memang bagus, tapi hal ini hanya akan menambah masalah dalam kontinuitas dunia film Marvel, serta akan beresiko buruk pada performa box officenya. Para petinggi Marvel pun sepertinya meng-anak tiri-kan film ini, sehingga antusiasme terhadap film ini sepertinya berkurang. Sayang sekali.

7. (Teenage Mutant) Ninja Turtles

Anda pasti heran, mengapa Teenage Mutant nya saya beri kurung, benar? Itu karena sepertinya, film yang akan diproduseri oleh Michael Bay ini, terakhir kali kita dengar tidak akan mengisahkan kura-kura ninja yang memulai asal usulnya sebagai 4 kura-kura yang terkena cairan ooze, tetapi sebagai alien yang datang dari luar angkasa. Terdengar cliche? Ya, memang terdengar seperti Transformers bukan?

Lebih parahnya lagi, orang yang akan bertanggung jawab untuk menyutradarai film ini adalah tidak lain dan tidak bukan.... Jonathan Liebesmann (Wrath Of The Titans). Ok... WTF... Jika anda melihat kembali ke belakang semua film yang disutradarai oleh sutradara Afrika Selatan ini, tidak ada yang hasilnya bagus. Wrath Of The Titans? Sampah. Battle: Los Angeles? Apalagi...

 Belakangan ini juga terdengar kabar bahwa Megan Fox akan bermain sebagai April O' Neil. Hmmm... anda pasti bertanya dalam hati: Apa yang salah? Secara luar tidak ada yang salah. Megan cantik, bahkan kandidat yang bagus untuk April. Kemampuan aktingnya belakangan ini pun sepertinya sedikit meningkat (kecuali film itu mengumbar sensualitas yang berlebihan...). Apa yang salah? Jika anda tahu insiden apa yang terjadi selama proses shooting Transformers 2, anda pasti tahu. Satu hal yang pasti... Film ini tidak akan bertahan dari kritik.

6. Scary Movie 5
Ah... Scary Movie... Film komedi parodi film-film horor terkenal yang hanya ditujukan untuk kaum rendahan. Instalmen selanjutnya ini katanya merupakan sekuel sekaligus reboot (yang entah apa maksudnya dan bagaimana penerapannya nanti...) Film ini juga menampilkan pemain dari instalmen-instalmen sebelumnya, seperti Charlie Sheen (pria yang dipecat karena perkataan tidak pantas mengenai acara yang menaikkan namanya selama 8 tahun lebih) yang anehnya kembali lagi sebagai orang lain. Saya tidak akan melanjutkan pembicaraan tentang film ini, tapi yang pasti film ini memiliki plot yang kemungkinan besar dibuat sejelek mungkin dan produsernya hanya ingin mendapat uang banyak. Meh...

5.  John Carter

Hmmm.... Kalian ingat John Carter kan? Film yang berkisah tentang seorang prajurit perang sipil dari bumi yang ditarik ke Planet Mars itu... Memang belum ada kabar tentang bagaimana nasib dari film ini, tetapi mengingat performa box office dan cerita yang kurang mumpuni dan adaptasi yang kurang bagus dari novelnya, sepertinya kemungkinan sebuah sekuel sangatlah tidak mungkin...

Sayang sekali, mengingat potensi film ini sangat bagus dan akan menimbulkan animo dari fans bukunya dan para pecinta film. Namun adaptasi yang kurang baik membuat sekuel yang akan diberi judul sebagaimana seharusnya, John Carter of Mars akan ditunda atau bahkan tidak akan pernah dibuat.

4. Batman

Pertama-tama, maaf bila yang satu ini saya masukkan ke dalam daftar. Alasan mengapa saya memasukkan reboot Batman yang baru adalah dikarenakan ceritanya yang sama dan terlalu sering diulang-ulang, baik di komik, film dan seri TV. Orang-orang akan bosan dengan cerita yang sama terus. Bruce Wayne kecil melihat orang tuanya meninggal dibunuh oleh penjahat di lorong kecil di Crime Alley, dan berubah menjadi seorang kesatria malam yang menebar ketakutan kepada musuhnya terlalu membosankan. Mungkin ini alasan yang bodoh, tapi itulah kenyataannya.

Kemudian, ada Nolan effect. Terakhir kali kita menyaksikan Batman di layar lebar, film itu disutradarai oleh seorang sutradara hebat yang bernama Christopher Nolan dan telah menciptakan sebuah trilogi maha hebat (meskipun The Dark Knight Rises tidak terlalu bagus). Pertanyaannya... Bagaimana sutradara selanjutnya akan membuat karya yang lebih bagus dari trilogi Nolan?

3. Hulk

Mengalami hal yang sama seperti John Carter (tapi tidak ada masalah dalam pengadaptasian ceritanya), yaitu performa box office yang tidak terlalu bagus, dan ada masalah mengenai arah sekuel dari film untuk sang raksasa pemarah ini. Mengingat bahwa Marvel Cinematic Universe akan menuju ke arah kosmik, apakah artinya cerita selanjutnya akan bercerita tentang Hulk yang dibuang ke Planet Skaar?

Masalahnya, jika memang itu yang akan terjadi, sekuel Hulk yang selanjutnya ini akan dicap sebagai plagiat dari John Carter dan dijamin akan mengalami masalah yang sama. Namun jika diberi cerita yang kesannya 'grounded', maka tema cerita dari Hulk tidak akan sinkron dengan cerita superhero MCU yang lainnya.

2. The Punisher

Terakhir kali kita lihat The Punisher adalah di Punisher: War Zone, film tahun 2009 yang bisa dibilang se-sampah Ghost Rider: Spirit of Vengeance (kemungkinan besar karena mereka diproduseri oleh orang-orang dari studio yang sama). Sebelum War Zone ada adaptasi Punisher yang bisa dibilang lumayan, walaupun ceritanya tidak terlalu bagus.

The Punisher mengalami masalah yang sama dengan Daredevil, mengingat The Punisher juga tidak berhubungan secara langsung dengan Avengers dan karakter manapun dari MCU. Sangat disayangkan kita tidak bisa melihat pembunuh berdarah dingin ini kembali ke layar lebar.

1. Evil Dead

Siapa yang menduga? Evil Dead, film yang diadaptasi oleh sutradara Spider-Man (2002), Sam Raimi pada tahun 80-an bercerita tentang seorang DO kuliah bernama Ash bersama teman-temannya yang menemukan buku aneh yang membawa malapetaka di sekitar daerah kemah mereka. Ok, film yang aslinya bisa dibilang sebagai legenda, bahkan menjadi masterpiece dan memiliki pengikut setia yang memuja film aslinya.

Film yang bisa dibilang remake sekaligus re-imagining dari yang aslinya ini saat pertama kali muncul kabarnya di internet, langsung dibenci oleh fans-fans dari film-film aslinya. Bahkan pemain aslinya, Bruce Campbell mengemukakan ketidaktertarikannya terhadap film ini. Memang beberapa adegan ikonik dan hujan darah tetap disuguhkan dalam remake ini, tapi animo fans film aslinya dan beberapa kritik film dari dunia maya tidak sebesar yang diharapkan. Sam Raimi pun sekarang malah bersiap untuk Evil Dead 4, dan tidak memperdulikan Evil Dead yang satu ini. Sudah suatu kejelasan bahwa film ini tidak akan berhasil, baik di box office maupun di hadapan fans dan kritikus film.




Ok, setelah berhari-hari mengumpulkan informasi, akhirnya artikel yang sudah diumumkan pembuatannya sejak hampir sebulan yang lalu ini selesai juga. Mohon maaf bila ada salah kata ataupun hal-hal yang menurut anda tidak cocok, silahkan suarakan pendapat anda di kotak komentar dibawah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar