Halaman

Sabtu, 01 Februari 2014

American Hustle review – Another masterpiece from David O. Russell


Mmmm… Let’s find out apakah film ini memang pantas menang penghargaan yang telah disabetnya dan pantas meraih Oscar nantinya….





Sebelum mulai reviewnya, I just wanna say hi… Lagi… Kayaknya break nya lama dan jaraknya jauh-jauh amat ya? Maklum, pelajar, apa boleh buat lah, dan faktor malas juga mendukung, hehehe.  Anyway, ayo dibuka dengan synopsis nya dulu, ok?

Irving Rosenfeld, Sydney Prosser/Edith Greensly dan Richie DiMaso
Film yang bergenre ‘crime-drama-comedy’ yang katanya “Sebagian dari kisah ini benar-benar terjadi”  ini mengisahkan tentang Irving Rosenfeld (diperankan secara brilian, seperti biasa, oleh Christian Bale), seorang con artist yang berbisnis karya seni palsu dan bisnis illegal lainnya di Amerika pada tahun 1978. Ia pun kemudian bertemu dengan Sydney Prosser (diperankan oleh Amy Adams), dan kemudian jatuh hati padanya, meskipun Irving sudah memiliki seorang istri yang jauh lebih muda yang bernama Rosalyn (diperankan oleh Jennifer Lawrence). Irving dan Sydney bertemu dengan agen FBI Richard ‘Richie’ DiMaso (diperankan oleh Bradley Cooper) di saat mereka menjalankan bisnis illegal mereka. Richie pun kemudian merekrut mereka berdua untuk menjatuhkan pejabat-pejabat korup di New Jersey, dengan walikota Camden, Carmen Polito (diperankan oleh Jeremy Renner) sebagai target utama. Dengan berkedok sebuah kunjungan bisnis oleh seorang Sheik Arab palsu yang berujung kepada kekacauan, keretakan hubungan, dan ikut campurnya mafia Miami kedalam cerita.

Irving, "Sheik Abdullah", dan Richie
Film semi-kisah nyata ini didasari oleh operasi FBI yang benar-benar terjadi pada akhir tahun 1970an hingga awal 1980an, yang bernama ABSCAM (singkatan dari Arab Scam), hanya saja nama dan beberapa kejadian dalam kisah ini dirombak dan diubah sedemikian rupa (kalo nggak, kenapa ada “Sebagian dari kisah ini benar-benar terjadi” di awalnya -_-“ ) agar tidak mengundang kontroversi atau sesuatu semacamnya. Film ini mengacu kepada kebudayaan hidup Amerika yang ingin dicapai oleh siapapun (“American Dream”) yang terjadi pada tahun 1970an yang dibalut dengan sebuah cerita yang sangat character driven yang memang member kesan positif yang segar, penuh intrik dan tidak akan membuat bosan. Di film ini, semua dieksplorasi melalui point of view dari karakter-karakter utamanya sehingga menciptakan sebuah plot yang rada-rada gak jelas, tapi bisa (anehnya) tertutupi dengan rapi karena faktor character driven tadi, yang pastinya didukung oleh skill akting para aktor yang bisa dibilang mumpuni dan emang tidak perlu diragukan lagi.

Rosalyn, the hot mess
Chemistry antara cast yang benar-benar mantap
Untuk akting… Hmm… Sepertinya tidak ada masalah sama sekali. Jeremy Renner berhasil menghidupkan karakter seorang walikota yang memiliki ideologi dan prinsip moral yang kuat, meskipun terkadang melanggar aturan demi tercapainya kesejahteraan warga Camden, New Jersey. Jennifer Lawrence juga sukses besar sebagai scene-stealer film ini, sebagai istri Irving, Rosalyn, yang… apa istilahnya.. erm… kacau? Stres? Apa pun itulah -___-“   Bradley Cooper sekali lagi menunjukkan kepada kita semua bahwa dia juga tidak bisa dianggap remeh dan disepelekan sebagai “aktor berwajah tampan yang cool”. Disini Bradley Cooper benar-benar tampak ambisius, sedikit kekanakan dan bisa dibilang gampang dibodohi, sebuah peran yang tak terduga akan berhasil dieksekusi oleh seorang Bradley Cooper. Amy Adams juga, tidak hanya menawan dan benar-benar muy caliente (baca: seksi) disini, tetapi juga berhasil mentranslasikan fantasi pria-pria pada umumnya tentang seorang wanita idaman mereka. Tapi akting dan dedikasi yang patut di beri respect disini itu akting nya mantan Batman, Christian Bale. Christian Bale disini berhasil membuat sebuah karakter yang umumnya bakal keliatan over the top atau mungkin stereotypical menjadi karakter yang rasa-rasa kemanusiaannya nampak jelas dan kayak bukan main-main. Dan… untuk supaya karakter Irving Rosenfeld terasa sangat nyata dan gak luput dari human error, dia dibikin gemuk, dan Christian Bale sang aktor pun menambah berat badannya hingga 18 kg! Wow, itu baru namanya dedikasi…. Tapi.. Ini bukan kali pertamanya Christian Bale melakukan hal ini, ingat itu. Sebelumnya ia juga telah menguruskan badannya di film The Machinist dan The Fighter, mengekarkan badannya di The Dark Knigth trilogy dan kali ini menggemukkan badannya. Film ini juga disertai dengan pemain-pemain supporting seperti komedian terkenal (di Amerika) Louis C.K sebagai atasannya Richie; Stoddard Thorsen, Michael Pena, sebagai agen FBI yang menyamar sebagai Sheik dari Arab yang palsu dan uncredited cameo dari legenda Amerika, Robert DeNiro sebagai bos mafia Miami, Victor Tellegio.
Itu baru namanya dedikasi...

Sutradara David O. Russell benar-benar menampilkan sebuah film dengan atmosfer yang terasa hidup, berwarna dan fresh dengan teknik kamera yang bisa dibilang tidak menjadi carbon copy teknik-teknik kamera film tahun 1970an (ehm, Starsky & Hutch! ehm, Anchorman!) serta soundtrack yang benar-benar akan membuat siapapun yang umurnya sekarang 55 tahun keatas terbawa nostalgia dengan suguhan lagu-lagu dari Duke Ellington, Elton John, Electric Light Orchestra, Wings, The Bee Gees dan masih banyak lagi. Secara visual, film ini bagus, walaupun tidak ada perkembangan revolusioner apapun yang menggelegar. Naskah yang penuh improvisasi dan terfokus ke karakter pun membuat film ini terasa hidup dan tidak terasa kaku dan tidak keliatan seperti sedang nonton film biografi murahan tentang ABSCAM. Jujur aja, sebenarnya saya kepengen nonton lagi, tapi tiket di Negara ini mahal, jadi ya… menunggu DVD bootleg lah, apalagi :p 

Akhir cerita, American Hustle berhasil menyuguhkan sebuah tontonan yang segar, dengan cerita yang benar-benar character driven dan lucu (walaupun tidak selucu film komedi pastinya) yang akan membuat anda tidak merasa bosan ataupun mengantuk. Benar-benar film yang luar biasa dan kalo boleh ya, menyampaikan pendapat pribadi, pantas menang  Oscar tahun ini. Oh ya, perlu diingat kalau film ini memiliki rating R dengan kata-kata kasar dan adegan yang tidak pantas dilihat oleh anak dibawah umur dan berdurasi sekitar.. 130 menit, kurang lebih.
Cast round-up

Rating: 9.99 / 10

American Hustle disutradarai oleh David O. Russell (The Fighter, Silver Linings Playbook) dan diperankan oleh bintang-bintang ternama seperti Christian Bale, Amy Adams, Bradley Cooper, Jennifer Lawrence dan Jeremy Renner. Film ini masih tayang di bioskop (pada saat penulisan dan penerbitan artikel ini) dan telah memenangkan banyak penghargaan dan akan (semoga saja) memenangkan Oscar.


Ok, fellas, itu tadi review film American Hustle yang benar-benar luar biasa mantap dan wajib tonton (meskipun disertai beberapa adegan kurang pantas), sekarang sepertinya saya harus kembali lagi vakum, tapi jangan khawatir, I will return… As for now, see ya on the next post!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar