Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Overview GTA V

Bagi anda yang gamer pasti tau game yang satu ini, Grand Theft Auto. Ya, game pencetus tipe sandbox ini akan kembali lagi pada kuartal kedua 2013 dengan Grand Theft Auto V (singkatnya, GTA V). Game yang di terbitkan oleh Rockstar ini tentu saja akan menaikkan tingkat ke-keren-an game-game sandbox, seperti GTA IV yang dirilis 4 tahun yang lalu. Ingin tahu apa saja yang akan ada di GTA V nanti? Ikuti saya setelah yang berikut ini....




Eherm, ehrm! Oke, berikut ini adalah hal-hal yang akan ada di GTA V:

1. Tempat baru, stok lama
Ya. Mungkin anda sudah tahu apa maksud kata-kata diatas kan? Tempat yang disediakan Rockstar adalah.... Los Santos. Ya, inkarnasi fiktif dari Los Angeles yang ada di San Andreas kembali lagi. Dengan kaliber yang lebih besar. Jika anda ingat, Los Santos di San Andreas hanyalah salah satu dari sekian pulau di San Andreas. Namun tidak di game ini. Di game ini, seperti yang diungkapkan Rockstar, Los Santos lebih besar dari peta San Andreas digabungkan dengan peta Red Dead Redemption dan GTA IV. Wow...
Penampilan Los Santos yang terlihat dari Echo Park



2. Ada 3 protagonis
Trevor, Franklin, dan Michael

Ya, anda tidak salah dengar. Saya ulangi, anda tidak salah dengar. Ada 3 protagonis. Tidak seperti GTA IV dan Expansion packnya, 3 protagonis ini tidak saling crossover, tetapi bekerja sama. Berikut protagonis dari GTA V:

   a. Michael

Pertama, ada Michael. Michael adalah seorang mantan perampok bank yang membuat perjanjian dengan FIB (ekuivalen dari FBI di dunia GTA V) sehingga bisa hidup mewah. Namun dia memiliki masalah pribadi dengan istri beserta anak-anaknya. Dia pun memiliki relasi di masa lampau dengan....

  b. Trevor



Trevor. Seorang veteran perang (kemungkinan besar perang Irak-Iran) yang dideskripsikan oleh Game Informer sebagai 'seorang veteran sekaligus psikopat yang memiliki ketergantungan narkoba'. Trevor adalah mantan pilot, jadi ini memberikan keuntungan tersendiri di dalam game disaat kita ingin kabur dari lokasi 'kerja'. Jadi, bisa dibilang dia getaway driver (pilot) di dalam game ini.

 c. Franklin

Terakhir ada Franklin. Seorang pencuri mobil untuk mafia Armenia yang masih muda (umurnya sekitar 25 begitu) dan ambisius, namun secara moral Franklin ambigu. Franklin pun bermasalah dengan istrinya yang menentang segala pekerjaannya kepada mafia Armenia. Kelebihan Franklin di game ini adalah penembak jitu.

Well, bagaimana menurut anda, cukup menarikkah protagonis-protagonis ini? Oh, ada hal lain. Mereka akan bisa dipakai secara bergantian sesuai dengan kehendak anda.

3. Misi-misi yang dinamis dan sinematis
Holy shit! JIMMY!!!

Yep. Misi-misi yang ditawarkan game ini lain daripada GTA IV. Dimana di instalmen sebelumnya, misi-misinya terkesan lebih serius, sedangkan di GTA V lebih terkesan seperti adegan-adegan film action yang sedikit mengabaikan hukum fisika dan unsur kegilaan yang diterapkan di film-film action. Dalam misi-misi inilah terkadang pergantian karakter dan penggunaannya berjasa besar. Mereka pun bisa bekerja sama dibagian tertentu dalam misi tersebut, seperti Franklin yang menolong anak Michael yang bergelantungan di sebuah layar yacht, sedangkan Michael bersiap-siap dengan sebuah mobil sport untuk menangkap anaknya itu. Tentunya untuk melakukan hal tadi dengan mantap dibutuhkan sebuah strategi yang bagus bukan?

4. Kendaraan maniss...
Ooohhh... what a sexy car you got there!
Sepertinya, Rockstar membuat langkah bagus, yaitu merubah mekanik pengendalian kendaraan-kendaraan yang ada di GTA V. Menurut Vice President Rockstar, Dan Houser bentuk dan pengendalian kendaraan berkembang menjadi jauh berbeda dari sebelumnya. Beliau juga menambahkan bahwa "mobil-mobil dalam game ini semudah membawa mobil di game-game balap". Selain perkembangan mekanisme kendaraan, kendaraan yang ada di GTA V pun bertambah. Kita pun akan melihat kembalinya pesawat tempur! Alright, baybeh! Setelah ketiadaan jet tempur di GTA IV, akhirnya permintaan fans terkabulkan juga di game ini. Also, di game ini, jumlah mobil sport dan supercar pun bertambah lebih banyak dari sebelumnya. Jika anda telah melihat trailer dan gambar-gambar yang beredar, anda akan sadar bahwa ada versi GTA V dari Porsche 911 GT3, Audi R8, Maseratti Gran Turismo, Aston Martin One-77, dan bahkan Aston Martin DB5! Awwww yeaaahhh.....

Jet! OHHH YEAAAAHHHH!!!

5. Mini-games
Dirtbike

Mini-game. Game... within a game... Jika di GTA IV dan Expansion pack-nya ada Base Jumping, QUB3D, Billiard, Darts, dan lain-lain, maka di GTA V ada Tennis, semacam Kinect, Volley, Dirtbike, bahkan, SkyDriving, yaitu terjun dari ketinggian ribuan kaki dari sebuah pesawat dengan sebuah jeep, kemudian keluar dari mobil untuk terjun bebas layaknya Base Jumping. Wew, kedengarannya seru, ya?

Trevor melakukan skydriving

6. Hewan
Awas, 'njingg!!! 

Yepp, akan ada kemunculan yang banyak dari hewan di game ini. Mengikuti apa yang ditampilkan di Red Dead Redemption, GTA V akan memunculkan hewan untuk pertama kalinya di seri GTA. Hal ini tentu saja akan menimbulkan kontroversi. Kemunculan hewan di GTA V besar kemungkinannya dicekal oleh PETA, karena pasti player game ini akan menghantam hewan-hewan ini dengan mobil atau membunuhnya dengan sengaja dengan shotgun... Tapi, munculnya hewan di game ini pasti akan menimbulkan tantangan tersendiri, seperti musuh yang memiliki anjing herder sebagai penjaganya, sehingga kita diharuskan untuk melawan anjing tersebut.

7. Soundtrack yang luar biasa
Walaupun ini hanya spekulasi belaka, tapi jika anda sudah menyaksikan trailer ke-2 GTA V, di trailer tersebut diputar lagu Skeletons oleh Stevie Wonder. Lagu tersebut adalah lagu yang benar-benar nge-hits di akhir tahun 80an. Kemungkinan besar masih banyak lagi lagu-lagu bagus yang akan disuguhkan di radio-radio in-game nya. GTA V akan menjadi game yang full score. Seperti Red Dead Redemption, GTA V dalam setiap misinya akan ada iring-iringan score yang mendukung aksi agar terkesan lebih dramatis. How's that?

8. Cerita yang terkesan pribadi
Kelihatan dari sifat masing-masing protagonis, sepertinya cerita yang ditawarkan (di misi perorangan) lebih berkesan masalah pribadi. Seperti Michael yang berusaha meluruskan kehidupan keluarganya, Franklin yang harus memilih antara istri atau pekerjaan dan Trevor yang.... yah... begitulah...

9. PERAMPOKAN!
Ayo cari uang....

Jika gamer-gamer yang sudah pernah main GTA IV ditanya:

"Apa misi yang paling berkesan bagi kalian?"

Mereka pasti hampir serentak menjawab 'Three Leaf Clover', yaitu sebuah misi dimana Niko Bellic bersama McReary bersaudera merampok Bank di Downtown Liberty City (New York nya GTA). Dimana di misi itu mereka menyandera orang dan terlibat baku tembak dengan SWAT (atau NOOSE di GTA) di gang-gang Chinatown, hingga akhirnya berhasil kabur ke subway dan lolos. Nah, di GTA V, misi-misi seperti ini akan lebih banyak dan tentu saja akan menjadi fokus utama, karena tema game ini sendiri adalah: 'Pencarian The Almighty Dollar' atau mencari uang. Siap untuk menghadapi 'Three Leaf Clover' di kalikan 3?

10. Handphone yang berbeda
Handphone. Dalam game biasanya benda ini berfungsi sebagai pemberi quest tambahan dan sebagai sarana penggunaan cheat. Sebenarnya di dalam game ini fungsinya sama seperti yang ada di GTA IV, tapi mungkin perbedaannya hanya bentuk dan isinya. Kemungkinan akan ada game di dalam Hp baru di GTA V. Siapa  tau, ya kan?

Sepertinya itu saja yang bisa saya berikan tentang overview dari GTA V, untuk info lebih lanjut sepertinya kita harus menunggu berita-berita yang akan segera diumumkan oleh pihak Rockstar. GTA V akan dirilis pada tahun 2013 di kuartal ke 2 (sekitar bulan 7-12) oleh Rockstar. Sekian saja, sampai jumpa di post selanjutnya!




3 komentar:

  1. mantep postingannya ... :D

    BalasHapus
  2. Trevor yang ya begitulah. Hahaha! Saya pribadi memang speechless dengan karakter Trevor yang disuguhkan di GTA 5. Benar2 ga terucapkan! Gila, berani, nekat, psikopat, semuanya! Thanks bro untuk review yg bagus ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, mas, ini bukan review. Ini saya bikin sebelum game nya keluar, ini masih sebatas overview, bukan review. Review nya nanti ya kalo saya sudah tamat....

      Hapus